28 September 2012

Preparation Sudah Sampai Mana?

Bingung kalo udah ngomong ini. Sedikit banyak soal perkembangan ini berhubungan sama orang tua. Yang namanya di Indonesia, orang tua, bahkan keluarga besar biasanya ikut terlibat. Dan disini, gue dan pacar sebisa mungkin ga ngelibatin keluarga besar. Bakal ribet dan banyak maunya. Wong ini yang cuma melibatkan orang tua ribet banget rasanya.

 

Kalo udah orang tua, pasti ujung-ujungnya pake perasaan ga enak. Atau yang lebih sadis, bakal dibilang, "susah banget sih kamu diatur, dulu waktu kami nikah mau aja diatur orang tua." Duh, kalo udah sampe ada kata-kata kayak gini tuh yang bikin sedih. Serba salah. Bukan apa-apa, pertimbangannya berat sekali.

 

Berawal gue kepikiran buat resepsi kayak kebanyakan orang gitu, sewa gedung (ini karena rumah gue sempit), catering, dekorasi, dokumentasi, make up artist, bikin baju sendiri, undangan, souvenir, entertainmet, dan banyak perintilan lainnya. Tentunya ini amat sangat menguras kantong. Waktu itu sih tanpa pikir panjang maen sebut, rinciin harga, dan ngasih ke pacar. Dia bilang akan diusahakan ada uang segitu, tentunya dengan bantuan gue juga.


Begitu si pacar dateng dan menyatakan keinginannya untuk menikahi gue, sepulangnya ummi langsung bilang, nikah di Gadog (villa salah satu om gue) aja. Tujuannya sih sama dengan apa yang gue mau, karena resepsi di rumah terlalu sempit. Tapi disitu gue ga langsung jawab. Setelah diskusi dengan si pacar, mempertimbangkan soal keluarganya si pacar yang notabene diluar Jakarta, temen-temen kami, akhirnya kami sepakat ga mau di Gadog. Tapi itu masih ngotot-ngotan sama ummi dan ayah.


Suatu ketika, gue baca sebuah akun twitter yang isinya tentang pernikahan sederhana. Disitu gue baca bagian tentang #Resepsi, dan coba evaluasi tentang request pernikahan apa yang gue mau ke pacar dan sampe akhirnya gue flashback lagi gimana kita, terutama si pacar mengusahakan dengan menyisihkan gajinya untuk nikah dan kuliah. Serius di depan PC sambil buka catetan perintilan nikah dan inget si pacar gue nangis. Beban kali ya buat dia. Dan mungkin inilah yang dihindari banyak cowo untuk menikah. Cewenya minta macem-macem, hiks.


Mulai dari situ, gue bilang niatan gue ke si pacar sambil nyodorin brosur KPR *hahaha,, sama aje neng*. Tapi, seengganya rumah itu jauh lebih bernilai daripada resepsi yang katanya buat dikenang seumur hidup itu tanpa hasil apapun, malah bisa jadi setelah nikah jadi numpuk utang.

Ngomong-ngomong soal kenangan seumur hidup, kadang mewah itu kok jatohnya iri-irian ya? Tiap tahun ada aja pesta mewah melebihi pesta termewah tahun lalu. Jadi semacam ajang gengsi gitu. Gue kepikiran, semisal gue ngadain pesta mewah, tiba-tiba ada temen atau abang gue ngerayain pesta yang jauh lebih mewah dan mahal dari gue, mungkin ketika flashback bakalan mikir, "kok dulu gue nikah ga bisa lebih mewah sih." Just my opinion aja sih.


Alhamdulillah si pacar menyambut positif niat gue. Setelah dapat persetujuan sang belahan jiwa *halah*, gue ngomongin ini ke ayah dan ummi. Dengan catatan, jadinya private party. Cuma keluarga dan temen deket aja. Kalo tetangga sih tinggal kasih nasi box trus kasih kertas yang di print "telah menikah si ini dengan si inu". Tujuannya kan hanya syiar, bukan pesta mewah. Idola gue, Ali bin Abi Thalib waktu nikahin Fatimah Azzahra binti Muhammad S.A.W. aja cuma akad dan makan-makan. Itu anak dan sepupu nabi lho. Masa kita yang rakyat jelata belagunya ampun-ampunan.


Mama camer juga alhamdulillah menerima baik meskipun sempet ada bujukan dan rayuan "seumur hidup sekali", hehe *yess :p. Setelah semuanya sepakat, udah tinggal prepare lamaran dan perijinan si om untuk pake villa jadi acara nikahan (akad dan syukuran) kita.


Tiba-tiba, sepulang dari Tasikmalaya, ummi mengubah pendapatnya sepihak. Dia mau ada resepsi dengan segala dekorasi dan tenda, meskipun cuma di rumah. Alasannya cuma karena temen-temennya banyak dan pengen semua diundang pas nikahan gue. Ini yang gue hindari. Strangers. Gue yang nikah, kenapa harus ada orang lain yang ga gue kenal dateng? Selain dari masalah budget, gue pengen nikahan gue bener-bener sakral. Dihadiri sama keluarga besar tujuannya untuk saling kenal. Dihadiri sama temen-temen supaya mereka tau gue dan pacar udah menikah, bukan orang yang bahkan gue kenal aja ngga.


Ternyata ga cuma birokrasi akademik aja yang ribet, buat nikah, ibadah, dan menata masa depan aja perlu birokrasi. Oh, Indonesia ~

2 komentar:

  1. klo mau semua nya lancar harus pake duit sist . . hehe . . . *piss bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. beraninya unknown -__-"
      bagi duit makanya biar lancar :p

      Hapus