18 September 2012

Facial di Rumah

Berasa ngebut posting nih :p

Lajooot,, facial dirumah jauh lebih mudah bahannya daripada melakukan perawatan rambut di rumah yang biasanya butuh alat seperti steamer. Selain itu, untuk hal mijat memijat dapat dilakukan tanpa bantuan orang lain. Berikut ini adalah list bahan dan alat untuk facial dirumah.

Bahan:

- Milk Cleanser dan penyegar

- Face Scrub Cream

- Masker. Kalo saya pake yang alami. Facial kemarin pake parutan bengkoang.

- Air hangat

Alat:

- 2 buah handuk lembut untuk wajah

 

Cara:

- Bersihkan wajah dengan air hangat. Keringkan dengan handuk. Usapkan Milk Cleanser pada wajah dengan gerakan circular (memutar). Bersihkan dengan penyegar. Celupkan handuk lain ke dalam wadah berisi air hangat. Gunanya supaya pori-pori pada wajah sedikit terbuka untuk memudahkan Face Scrub untuk mengangkat kotoran dan komedo.

- Keringkan lagi dengan handuk yang kering. Cukup ditepuk-tepuk. Ambil sekitar 1-2 cm Face Scrub di telapak tangan dan aplikasikan pada wajah. Pijat dengan lembut dengan gerakan circular di area mata, pipi, dan dahi. Untuk daerah dagu dan hidung cukup pijat dengan lembut secara merata. Lakukan pijatan selama 10-15 menit. Jangan terlalu keras ketika memijat, ini akan membuat wajah menjadi cepat keriput.

- Basuh dengan air hingga bersih. Dalam hal ini, beberapa sumber ada yang menggunakan air hangat supaya pori-pori tetap terbuka sebelum di masker, ada pula yang mengatakan basuh dengan air dingin/air es untuk menutup pori-pori meskipun nantinya akan di masker. Kalau saya, pake air hangat biar nutrisi dalam masker lebih mudah untuk masuk.

- Setelah dibasuh atau di lap dengan handuk hangat, keringkan dengan handuk kering. Jangan sampai ada scrub yang tersisa karena scrub bisa membuat kulit menjadi kering. Apalagi kalo sampe ditiban masker dengan waktu yang lama.

- Setelah bersih dari scrub, beri masker. Diamkan 15-20 menit. Lalu basuh dengan air dingin/air es. Kalo saya, pake air biasa/air bak terus usap muka pake es batu. Ini berguna untuk menutup pori-pori.

 

Post berikutnya akan menjelaskan cara membuat masker sendiri tanpa bahan pengawet.

 

Update: 

Kemarin ada yang nanya soal alat penyedot atau pencatut komedo. Kalo emang muka timbul komedo yang susah ilang, pake aja alat penyedot komedo. Kalo ga salah pernah liat di kaskus harganya less than Rp. 100.000 yang pake batre. Kalo pake pencatut besi yang ujungnya lancip itu saya ga rekomendasiin. Itu alat selain sakitnya ampun-ampunan, bikin pori-pori jadi gede. Kalo saya sendiri rasa-rasanya cukup pake scrub udah bersih kok :)

2 komentar:

  1. pantesan ya kulitmu mulus bercahaya,, ini toh rahasianya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha,, ngga kok syah. Jarang nyalon dan ini baru pertama kali coba dirumah. *cuma pake shampoo #ehh :p

      Hapus