18 September 2012

Langkah untuk Membuat Masker Sendiri

Karena alasan bahan kimia yang khawatir malah bikin kulit bermasalah jangka panjang, saya coba cari dan bikin masker sendiri dari bahan alami yang biasa ditemuin dirumah. Bikinnya sendiri ga ribet kok, gampang dan lebih seger daripada masker instan yang dijual di pasaran.


Untuk hasilnya sih emang ga signifikan ya hasilnya kayak produk pasaran itu. Tapi mudah-mudahan khasiatnya bagus karena bahan itu bikin sendiri, tanpa bahan kimia atau pengawet gitu. Emang ga bakal bertahan lama kayak produk masker instan sih, yang jelas masker alami ini masih jauh lebih ekonomis daripada masker instan.

 

- Masker bengkoang:

Seperti yang kita tahu, bengkoang memiliki manfaat untuk menyegarkan dan membuat kulit menjadi cerah. Cara membuat masker ini mudah saja. Siapkan bengkoang utuh, kupas kulitnya dan parut. Bisa juga diblender. Setelah halus, peras air bengkoang, pisahkan dengan ampasnya. Endapkan bengkoang semalaman sampai endapannya terpisah dari airnya. Campur air dengan ampas, gunakan ampasnya untuk masker, sedangkan endapannya juga bisa dipakai sebagai masker setelah ampas habis.

Sebagai saran, gunakan ampasnya terlebih dahulu kemudian endapannya. Karena endapan bisa bertahan lebih lama daripada ampas. Untuk masker menggunakan ampas, pakai cukup sekali saja kemudian dibuang.

Untuk masker menggunakan endapan, jika dirasa endapannya kering, bisa tambahkan air untuk memudahkan aplikasi masker pada wajah. Saya biasa menyisakan sedikit air perasan bengkoang pada endapan.

 

- Masker teh:

Masker teh biasanya berguna sebagai antioksidandan anti acne. Setelah kulit mengalami lelah karena polusi, masker ini cukup menyegarkan untuk mengistirahatkan kulit. Caranya mudah saja, seduh teh seperti biasa. Biarkan teh semalaman sebelum digunakan. Ga usah pake gula ya buibu, nanti lengket dan disemutin, hehe. Penggunaannya cukup basuh wajah dengan air teh tersebut kemudian biarkan 15-20 menit.

Masker teh juga berguna untuk menghilangkan mata panda. Caranya, letakkan kantong teh pada mata, seperti kompres. Diamkan beberapa saat. Untuk teh tubruk, celupkan air teh dengan kapas kemudian kompres mata.

 

- Masker jeruk nipis/tomat:

Masker ini sangat mudah pengerjaannya dibanding kedua masker diatas. Iris jeruk nipis/tomat kemudian usapkan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit. Kedua bahan ini mengandung vitamin c yang cukup tinggi.

 

Terkadang saya bereksperimen pake alpukat, stroberi, atau buah lain yang diblender tanpa air. Ga ngerti gunanya apa aja sih :p. Tapi ga ada salahnya dicoba. Biasanya yang saya pake ya 3 bahan diatas. Cuma masker bengkoang aja yang ribet, lainnya sih gampang banget :D. Atau kalo ada masker lainnya, silahkan di share lho :)

 

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar