17 September 2012

Rokok

Barang yang ga asing buat orang indonesia. Dimana-mana benda ini banyak banget ditemuin. Tapi, dari sekian banyak orang yang suka sama barang ini, banyak juga yang benci. Saya salah satunya, hihi.

 

Biarpun ga suka, selama ini, beberapa kali deket sama perokok. Dari keluarga besar juga ada beberapa perokok. Sebel, tapi gimana kalo udah candu? Coba untuk diberhentiin susah kalo ga ada niat dari yang bersangkutan. Dan terkadang bingung harus support dan negur dengan cara apa lagi?

 

Tulisan kali ini saya bukan mau bahas panjang lebar soal empet-empetnya saya sama rokok. Tapi, gimana orang-orang berhenti dengan alasan yang sederhana. Rasanya kalo denger itu jadi ngucap banyak syukur, mereka yang candu puluhan tahun bisa berhenti dalam sekejap, detik itu juga. Alhamdulillah.

 

Dimulai dari om saya, adenya Ummi. Saya biasa manggil dia om toto. Jadi, weekend kemarin saya sama Ummi dan satu ade saya ke Tasik disusul adek-adek dan kakaknya Ummi, salah satunya om toto. Tepatnya sih ada acara syukuran dan pengajian sebelum sepupu Ummi yang di Tasik ini pergi haji tangal 6 Oktober 2012. Tapi begitu sampe sana, saya malah ngeliat dekorasi macem resepsi pernikahan gitu. Ada dekor, catering, dan 3 pasang sofa macem di pelaminan gitu. Bedanya cuma ga ada pelaminan dan organ tunggal aja, haha..

 

Kita nginep satu malem saja karena pp Tasik-Jakarta dalam 1 hari cukup melelahkan. Nah, yang biasanya saya liat om-om dari Ummi ini pada ngerokok kayak cerobong kereta api, ngerokok kapanpun dan dimanapun, si om toto ini menghindar terus dari kumpulan bapak-bapak yang lagi ngobrol sambil ngerokok. Sesekali nimbrung pas rokok udah habis. Tapi, saya sama sekali ga liat dia ngerokok. Malah tiap om saya lainnya yang ngebakar rokok, dia masuk ke rumah dan nonton TV sambil ngunyah permen karet.

 

Hari minggu pagi, Ummi minta tolong om toto buat belanja sikat gigi pake motor karena sikat gigi yang dibawa dari rumah nyemplung di WC, haha.. Begitu dia dateng dan ngasih belanjaan ke Ummi, saya liat dia beli happyd*nt whit*. Awalnya saya kira dia beli itu karena males sikat gigi. Tapi begitu dia bilang salah satu cara supaya ngurangin keinginan ngerokok, saya kaget. Masalahnya, om toto ini udah candu rokok puluhan tahun.

 

Dia bilang:

"Om punya motivasi berhenti karena si fifi (anaknya.red) sering minta jajan tapi om selalu bilang 'minta sama mama aja'. Disitu om jadi mikir, kok buat anak aja segitu pelitnya, buat rokok yang bikin rusak badan ga pernah mikir. Ya dari situ om mikir daripada buat ngerusak kesehatan mending buat jajan dan nabung buat sekolah mereka yang lebih baik. Pengen disekolahin di SDIT atau SMPIT yang bagus. Dulu mikirnya sekolah negeri cukup tapi pas sadar pendidikan agama juga penting, jadi mulai nabung demi kebaikan anak-anak".

 

Ga cuma sekedar omongan "mau berhenti" atau "mau coba ngurangin", tapi saya liat actionnya juga. Dan menurut si tante, om toto berhenti detik itu juga, ga nunda waktu dengan ucapan "mulai besok berhenti". Alhamdulillah.

 

Dia sih bilang udah berhenti sejak ramadhan. Awalnya karena belasan jam puasa dan ga ngerokok, sayang rasanya kalo 'bolong' puasa rokoknya kalo begitu buka puasa dia ngerokok. Dan syukur jadi keterusan biarpun ga puasa. Semangat om dan buat siapapun yang detik ini sudah stop rokok. Mudah-mudahan istiqomah yah :)

 

Saya pernah denger cerita tentang seorang anak perempuan yang masih SMP gitu kehilangan ibunya karena penyakit paru-paru yang disebabkan bertahun-tahun harus terpaksa hidup dengan suami perokok. Si anak bilang gini:

"Pa, aku udah kehilangan mama. Aku ga mau kehilangan papa juga dengan sebab yang sama. Aku anak satu-satunya pa. Aku mau papa tetap hidup untuk melihat aku nikah dan menjadi wali nikahku."

 

Dan detik itu juga si bapak berhenti ngerokok.

 

Sesederhana itu alasan perokok untuk berhenti. Asal alasannya tepat dan 'ngena' di hati mereka. Dan saya berharap jangan sampe ada korban dari rokok dulu baru berhenti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar