21 Januari 2013

Adik Kecilku

Punya keluarga besar itu ada enaknya ada ngganya. Ga enaknya rame kapanpun. Kalo ribut, kakak nomor sekian belain ade nomor sekian, semacam ada kubu-kubu gitu. Ga jarang yang ga punya kubu menghasut lainnya untuk membela dia. Kubu yang satu nantinya jadi musuh kubu lainnya. Saya dulunya sering terlibat kok aksi pihak memihak ini. Sampe akhirnya cape sendiri dan akhirnya milih jadi penonton aja. Iyak, saya sering menyoraki mereka berantem ala supporter bola gitu, mehehe. Cuma kalo lagi mumet saya ngumpet di kamar atau teriak sekalian nyuruh diem. Selesai? Oh tentu tidak. Yang ada kalo saya teriak, yang berantem makin menjadi.

 

Keluarga besar saya ini mungkin berhenti sampai anak ke 7. Oleh karena hampir tiap 2 sampai 3 tahun sekali punya anak bayi, Ummi jadi kangen liat bayi dan nyuruh saya segera menikah kemudian beranak pinak, nyeeeh -___-. Yakali Ummi kangen, adik bontot saya aja sekarang usianya 12 tahun. 12 tahun itu lazimnya permulaan masa remaja. Ibaratnya zaman batu itu ada 2, zaman batu muda dan zaman batu tua, saya mengelompokkan ABG juga dalam 2 zaman, sah-sah aja dong? Tulisan gue ini :p. ABG muda itu dimulai dari usia 12-16 tahun, sedangkan ABG tua itu dari usia 16-19 tahun.

 

Balik ke soal adik bontot saya yang udah lebih tinggi dari saya (fyi, saya 160 cm lho dan adik saya masih SD kelas enam). Karena bontot, masih diperlakukan kayak bayi aja dong dia. Sampe saya ga percaya kurang dari 6 bulan lagi dia udah mau 1 SMP. Karena udah terlanjur dianggep bayi (saya ga mau bilang dimanja ya biarpun kenyataannya begitu :p) dan ga punya adik, jadilah dia adik bayi kami sampai usia ABG muda gini. Jauh dari pandangan soal bontot dan manja, dia anak yang sangat kreatif. Contohnya aja, saya baru bisa bikin animasi flash pake macromedia flash di bangku kuliah, itu juga karena tuntutan mata kuliah dan belakangan kemampuan saya tumpul karena udah lama ga pegang flash lagi. Tapi adik kecil saya ini dari kelas 4 atau kelas 5 udah bisa lho bikin animasi program gini. Emang ga semua project animasinya rampung karena faktor stuck. Tapi begitu saya iming-imingi uang 25ribu per project animasinya, selesai saja dalam 2 atau 3 hari, dengan catatan animasinya jadi hak milik saya yang niatnya mau saya publish di internet, siapa tau ada yang tertarik dengan karya si adik kecil dan diberi kesempatan buat si adik untuk dia menggali potensinya *aamiin.

 

Selain animasi ini, si adik kecil suka bikin origami. Yeah, rumah berantakan sama kertas-kertasnya *rolling eyes. Origami ini dia gemari jauh dari sebelum dia suka bikin animasi program. Kira-kira pas TK, karena suka banget liat Ummi bikin origami dan mulailah dia belajar. Iya, anak ini kreatifnya minta ampun. Sampe saya surprise liat dia berkreasi bikin origami sendiri, tanpa buku. Kalo di jepang, lapangan pekerjaan kayak gini pasti ada, di Indonesia paling banter cuma bikin buku origami aja.

Pelajaran gambarnya juga bagus, saya sampe bengong waktu dia gambar macem-macem dinosaurus di buku gambarnya. Alamakjaaan, mirip lho. Cuma, buat pelajaran lain ya so-so lah. Males. Males menghapal pastinya. Dalam hal olahraga, adik kecil ini juga males. Biarpun tinggi, tapi ga ada olahraga yang dia suka. Pernah deng, waktu jamannya Thomas dan Uber Cup. Doyan main badminton pulang sekolah sama abis sholat subuh. Cuma, ya gitu deh, musiman saja. Untuk berhitung gitu sebenernya ini anak cepet nangkep, terbukti dari hasil ujian dan latihannya bagus. Etapi, semangatnya merosot tajam lho waktu belajar perkalian dan pembagian. Ini jelas memalukan sebagai anak dari guru matematika. Saya sih liat positifnya aja, anak ini punya potensi di bidang lain kok.

 

Si adik kecil ini juga polos. Dia selalu reflek nutup mata, ganti channel, atau memalingkan wajah kalo liat cewe seksi atau adegan 17+. Even cuma belahan dada atau cewe berbalut kain ketat. Pernah sekali waktu saya ga sengaja lewat waktu liat dia nonton film transformers kalo ga salah, dan saya yakin dia ga ngeh saya lewat. Si cewe dengan pakai baju seksi dan adegan ciuman, dia ganti channel. Padahal, usia segitu kalo ga salah cowo itu kan lagi penasaran. Apa cuma sebagian ABG yang saya liat jadi tersangka peme******* aja ya?

 

Kepolosannya ini bikin dia juga suka nyeletuk aneh. Entah saat itu lagi ngomong apa, adik saya yang nomor 4 ketawain si adik kecil yang ngomong soal ekspresi. Begitu ditanya, dia malah nanya balik artinya ekspresi -__-. Pernah juga dia tiba-tiba bilang "Jokowi uye" sambil ngelipet kertas origami. Dan, inilah percakapan saya dan si adik kecil suatu malam.

"Kalo rambut aku udah agak panjang, aku mau potong rambut kayak gini lagi ah." Celetuknya. Fyi, si adik itu kribo dan rambut dia waktu itu lagi pendek. "Langsung aku potong aja lah biarpun panjang sedikit." Lanjutnya.

"Lho kenapa emang? Bukannya waktu itu mau di mohawk?" Tanya saya geli ngebayangin si kribo di mohawk.

"Kalo panjang, rambutku ke atas." Disusul tawa kencang sejadi-jadinya sama seisi rumah. "Lagian gatel kak trus aku juga jadi pede kalo rambut pendek." Sambungnya lagi setelah tawa membahana kami reda.

"Emang pede itu apa sih Han?" Tanya Ummi sambil mesam mesem.

"Ga tau, aku aja baru mau tanya apa artinya pede." Dengan polosnya dia berkata sambil melipat origami. "Selesai." Sahutnya setelah berhasil menyelesaikan origaminya diselingi tertawa geli seisi rumah.

 

Dia juga pemalu. Banget. Tapi, kadang tegas (in case anak seusianya kalo rese kan ngatain atau mukul, tapi dia bisa lho ngebales, mengingat sampai kelas 2 kalo diisengin cuma bisa nangis). Biar suka diomelin sama gurunya, saya puas karena dia bisa membalas perlakuan temennya *jadi inget saya yang niat belajar beladiri karena mau ngebales temen yang jahil :p. 

 

Proudly present,, Izzuddin Farhan


 

1 komentar:

  1. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus