13 November 2012

Penggunaan "Bin" dan "Binti"

Kata "bin" dan "binti" seringkali akrab di telinga kita di momen tertentu. Misalnya ijab kabul pernikahan dan pengumuman berita duka di masjid atau penyebutan kurban saat idul adha. Beda halnya dengan di negri arab sana yang umum menggunakan kata "bin" dan "binti" pada akhir namanya.

 

"Bin" dan "binti" bisa diartikan dalam bahasa Indonesia adalah anak. "Bin" digunakan untuk anak laki-laki, sedangkan "binti" digunakan untuk anak perempuan. Misalnya disebutkan fulan bin supri atau fulana binti supri. Berarti fulan merupakan anak laki-laki dari pak supri, sedangkan fulana merupakan anak perempuan pak supri.

 

Bagaimana penggunaan "bin" dan "binti" sebenarnya?

 

"Bin" dan "binti" ini diikuti oleh nama bapak. Kalo ada yang bilang cowo itu "bin"-nya diikuti nama ibu dan cewe "binti"-nya diikuti nama bapak, itu salah kaprah. Mau laki-laki atau perempuan, keduanya diikuti nama bapak. Makanya garis keturunan yang sering disebut itu dari bapak. Bukan berarti ibu ga dianggap ya, ini dikarenakan bapak itu kan kepala rumah tangga, penanggung jawab atas keluarganya. Kalo di arab sana itu misalnya ada anak yang melakukan tindakan kriminal, yang tercoreng itu nama bapaknya. Bagaimanapun juga, bapak selain pemberi nafkah, juga punya peran penting dalam mendidik anak, ga cuma ibunya.

 

Ada kasus lain yang menggunakan nama ibu. Ini dikarenakan anak dan ibunya satu keyakinan (agama) sedangkan si bapak berbeda. Zaman nabi Muhammad ada yang seperti itu *saya lupa orangnya* :D. Saat itu si bapak ga mau memeluk islam. Ketika istri dan anaknya hijrah ke Madinah, si bapak tetap di Makkah. Sejak hijrah itulah si anak pake nama ibunya di akhir namanya.

Nah, kalo kedua orang tuanya beda keyakinan dengan si anak, anak tetap memakai nama bapaknya. Contohnya Muhammad bin Abdullah dan Ummar bin Khattab. In case, sewaktu orang tuanya masih hidup, islam belum ada saat itu. Untuk penamaan Ali bin Abi Thalib, islam sudah masuk tapi Abi Thalib ga mau masuk islam, sedangkan ibunya Ali sudah wafat sebelum islam masuk. Jadilah Ali memakai nama bapaknya.

 

Kasus lain, bapak yang meninggal lebih dulu dari ibu, asal masih seiman penggunaan nama "bin" dan "binti" tetap mengikuti nama bapak. Begitu halnya dengan orang tua yang bercerai, tetap menggunakan nama bapak kandung, bukan bapak tiri. Untuk anak angkat dan adopsi juga menggunakan nama bapak kandung. Untuk itu, bagaimanapun bentuk bapak yang belum pernah dilihat sang anak, dan sebenci apapun si ibu terhadap si bapak *sinetron :p*, sebaiknya tetap diberitahu.

 

Untuk kasus lainnya lagi, ada yang ga bisa menggunakan nama bapak. Lebih parahnya lagi, ga bisa di wali-kan oleh bapak dalam pernikahannya (bagi perempuan). Ini berlaku bagi anak dari orang tua yang ibunya hamil diluar nikah. Makanya, mending nikah muda daripada sex bebas lah.

 

Wallahu 'alam :D

73 komentar:

  1. Balasan
    1. Istilah bin dan binti juga kan bukan dari indonesia, sama halnya kayak menggunakan marga bapak di beberapa suku di Indonesia dan di barat sono.

      Hapus
    2. Umpama kamu sudah meninggal, trs anak2 km mau kirim doa buat km, trs km mau dipanggil pke nma km gak mau embel2 nama km binti orngbtua km ??

      Simple, ini bukan tentng indonesia atua arab,ini syariat islam. Kalo km islam

      Hapus
    3. Admin saya mau nanya nih, nama bin untuk anak laki-laki apakah nama bpk nya boleh ditulis memakai gelar si bapak nya? Mkasih.

      Hapus
    4. Maaf pk ustad. Saya mau nanya. Misalkan klo untuk hadroh buat orang yg udah mati. Trus gak tau ibu & bapaknya. Harus bin hawa apa bin adam

      Hapus
  2. Hi mbak maaf pertanyaan nya agak melenceng, boleh tau arti / makna nama dari Arrumaisha apa ya? Saya sdg hamil dan suka sekali nama Arrumaisha, :) thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. arrumaisha artinya mendamaikan :)

      Hapus
    2. asalamualikum, maaf apa boleh tanya, klo mau membaca yasin dan di khususkn untuk almarhum mertua tapi tidak tau nama nya trus hrus di gnti pake apa ya,? soal nya saya menikah sirih dan tidak di perkenalkn ke klurga nya jdi saya tdk tau,tapi saya pengen mendoakn mertua sya yang laki2 yg sdh almrhum,, misalkn nma suami budi binti apa jdi nya klo tdk org tua cwek sma cwok nya? mhon jwban nya di tunggu,, trmksih wasalam🙏🙏

      Hapus
    3. Wa'alaikumsalam, pake bin/binti fulan ajah

      Hapus
    4. Bukan fulan, kalo tidak athu nama laki² pakenya bin adam, kalo perempun binti hawa. Conto dedi bin adam, siti binti maryam

      Hapus
    5. Maaf.. sy mau tanya.. klo kirim doa kpd seseorang yg tidak tau bin nya..gmn y ustad apa boleh dgn memakai bin adam klo yg dikirim doa nya cowok ?? Terimakasih..

      Hapus
    6. Kalo bedanya bin fulan sama bin hawa itu apa yh??

      Hapus
  3. almrh ibu saya muslim sedangkan ayahnya ibu / kakek non muslim.sedangkan utk mendoakan kita menggunakan bin/binti nama ayah.lantas bagaimana ya?apakah jika sy berdoa utk ibu menggunakan binti nm kakek yg non muslin doa saya akan diterima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Larangan mendoakan orang kafir yang sudah mati itu jelas tercantum di dalam Al-Qur'an Al-Kariem: Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat, sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahanam. (QS At-Taubah: 119) Yang dimaksud dengan meminta ampun buat orang musyrik adalah bila mereka telah nyata mati dalam keadaan kafir.

      Hapus
    2. emangnya orang yg selain muslim sudah pasti golongan orang musrik atau orang kafir,,.ingat walau non muslim blum tentu musrik atau kafir, krna orang muslim pun juga ada yg musrik atau kafir,,.

      Hapus
    3. Doa anak sholeh ialah amal yg tak terputus. Bentuk bakti diri kepada kedua org tua. Ingat mati adalah dikembalikan bukan kembali (menunggu). Soal penggunaan bin dan binti tetap digunakan karna itu indentisas diri keturunan. Alias biar gk salah alamat he,he,he. Musyrik dalam arti org2 tidak bertaubat.

      Hapus
    4. Muslim dalam arti satu kesatuan dua kalimat syahadat. Apakah anak lahir dr kedua org tua muslim adalah seorg muslim jg ??? Kalau iya.. Sejak kapan anak itu muslim nya??. Bagai mana dgn org yg meninggal tdk muslim. Dua kaliamat syahadat tidak ada batasan ruang dan waktu. Bagi mereka yg diberi pentunjuk, atas izin nya. Amal ibadah dalam arti bentuk perjalanan secara lahiriah dan batiniah didalam dunia. Amal yg tak terputus adlah doa anak yg sholeh. Jadi tetaplah berdoa,, diterima atau tidak nya itu adalah urusan tuhan mu.

      Hapus
    5. Menyimak dr pertanyaanny (maaf yg d atas awal2 g sesuai jawabanny dg pertanyaan), Almh. Ibunda adalah muslim, anak dr orang tua dan kakek yg non muslim.
      Tetap berdo'a dengan bintin ayahnya, walau pun Allah Maha Tau siapa yg d maksud dlm do'a, tp biar lebih tepat & cepat sampainya, lbh baik pakai binti ayahnya meskipun lahir dr orang tua yg non muslim, tetapi Ibunda adalah muslim.
      Do'a kita d terima atau tidak, sudah otoritas Allah. Tetapi krn Ibunda adalah muslim & do'a yg d sampaikan dr seorang anak yg muslim dan sholeh pula, in syaa Allah sampai krn do'a anak yg sholeh lbh utama dr do'a 100 orang. Seperti Pak Anshori blg d atas, tetaplah berdo'a krn ibadah yg tdk putus salah satuny adalah do'a dr anak yg sholeh. In syaa Allah Ibunda bahagia dsana atas do'a anakny yg sholeh.. Aamiin..

      Hapus
    6. To garyzaki25
      Alhamdulillah anda menjawabnya menggunakan pegangan alquran, tapi alangkah indahnya kalau kita tidak musyrik memusyrikan, biarlah Allah SWT yang menentukan,karena kita di indonesia pastilah banyak dari kakek nenek kita belum terislamkan pada zamannya, insinsya allah jika niat kita baik Allah SWT yg akan menentukan doa disampaikan atau ditangguhkan, hanya opini bukan pemuka agama. Karena Indonesia penuh sejarah

      Hapus
    7. Ans hori
      Baca surah Al Araf ayat 172 dan hadis "Setiap bayi dilahirkan atas dasar fitrah, maka kedua orang tuanya-lah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi.." HR Mutafaqun Alaih

      Hapus
    8. Surah Al Araf ayat 172
      Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",

      Hapus
    9. Jika kamu tidak yakin dengan surah yg saya berikan itu sama saja kamu tidak yakun dengan keesaan Allah. Sebagaimana angka 1 yang tdk didptkam dari angka" sebelumnya. Angka 1 tetaplah didptkan dari angka1. Berbeda dengan angka 5 yg dihasilkam dari 1+4 atau 2+3. Sedangkan angka 1 ditetapkan sejal sebelum ada angka" lainnya.

      Hapus
  4. Assalamualaikum Wr WB, Yuuu kawan-kawan kita kunjungi link ini, jika kita mendapatkan penghasilan dari dunia maya. http://mulaibingungmb.blogspot.com/2014/07/trafic-iklan-menghasilkan-uang.html

    BalasHapus
  5. Kalo .. Bpk nya bukan supri gimana. . Contoh.

    A adalah cewek
    B&C adalah cowok..
    A kawin di luar nikah sama B = udah jadi buah di perut A . .

    Trus A nikah Dengan C .10bulan kemudian. . keluar lah ci buah dari Perut ci A . .

    Yang jadi pertanyaan nya .? :D

    buah bin B
    ataw
    buah bin C . . .?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bin A/ binti A
      "Untuk kasus lainnya lagi, ada yang ga bisa menggunakan nama bapak. Lebih parahnya lagi, ga bisa di wali-kan oleh bapak dalam pernikahannya (bagi perempuan). Ini berlaku bagi anak dari orang tua yang ibunya hamil diluar nikah"

      Hapus
  6. Assalamualaikum , numpang tanya .
    Jika ingin memasukan nama anak(mantan) saya laki laki , dalam doa dan kita gak tau nama bapak nya . Bin nya bagai mana seperti di bunyikan di surat al-baqarah ayat 165 dan Ali imran ayat 14 . Dengan menyebutkan niat doaku untuk "blablabla bin ... " sedangkan saya tidak tau nama bapak nya . bagaimana ya min ? ada solusi

    BalasHapus
  7. Pastikan ke-istrinya dulu kalau teman anda diam saja tidak akan menemukan jawaban.

    BalasHapus
  8. Gimana kalau misalnya dia di adopsi dari bayi dari rumah sakit, dan tidak tau dimana ibu dan bapanya..
    Lalu dia akan menikah si anak perempuan ini nanti binti siapa ya ? Karena dia tidak tahu siapa nama ayah kandungnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang meng adopsi nya. Karna yg mengadopsi berarti sudah siap mempertanggung jawabkan dunia akhirat apa apa yg bakal dilakukan si anak nanti nya ( adopsi berarti serah terima dan menerima pertanggung jawaban dunia akhirat). Jadi didiklah anak itu sebagai anak yg soleh, krna doa anak yh soleh amal nya tak terputus. Soal kedua org tua asli nya itu adalah kerugian buat mereka. Dan tidak ada hal sekecil apapun didunia ini yg tidak dipertanggung jawabkan nanti nya.

      Hapus
  9. Gimana kalau misalnya dia di adopsi dari bayi dari rumah sakit, dan tidak tau dimana ibu dan bapanya..
    Lalu dia akan menikah si anak perempuan ini nanti binti siapa ya ? Karena dia tidak tahu siapa nama ayah kandungnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayah agktnya. Kecuali dia tau ayah kandungnya

      Hapus
  10. Asslm.....mau tanya apakah suatu pernikahan sah kalo sang mempelai pria pakai bin ayah tiri....????

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum
    Gimana jika ada ujab kabul begini saya terima nikahnya fulanah bin sardi bukan binti gimana tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa bila kedua saksi dari kedua mempelai mengucapakan syah, Berarti itu syah secara agama. Karna saksi yg mengucapakan syah sudah menjadi pertanggung jawaban mereka nanti dunia akhirat. Jadi jgn sembarangan jadi saksi, berat tanggung jawab nya he.he.he

      Hapus
  12. Iya itu gimana ya.. saya setuju dg pertanyaan dr Arif. Soalnya teman saya laki laki menikah dg wanita. Saat ijab teman saya ijab saya terima nikahnya sonia bin mahmud mirdad. Misalnya. Tp saat itu langsung di sah kan oleh penghulu dan saksi. Kenapa seperti itu? Kenapa sah sedangkn bin artinya anak laki laki sdgkn sonia perempuan. Mohon info nya

    BalasHapus
  13. Assalamualaiku
    Saya mau tanya bagaimana kalau anak perempuan hasil nikah siri, dan bapaknya pergi gak pernah balik dan gak pernah ada kabar,siapakah yang harus jadi wali nikahnya nanti???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nikah sirinya gmn dl? Ada wali serta 2 saksi (laki2) atau tdk? Kalau nikah siri yg sesuai dg aturan agama si anak adl anak ayahnya, artinya wali nikah harus ayah, Kakek dr ayah, saudara laki2 dr ayah, atau anak laki2 dr ayah (beda ibu boleh). Kalau memang tdk ada yg bs mewalikan bs wali hakim di KUA...
      Kalau nikah siri tdk sesuai aturan agama si anak merupakan anak dr ibunya, artinya nikahnya harus wali hakim dan di Indonesia harus nikah resmi di KUA, kalau mau nikah siri tdk bs.

      Hapus
  14. Ya pasti suami ibunya yg sah.

    BalasHapus
  15. Wali nya ialah tetap suami dr yg syah. Soal itu anak siapa, sudah urusan menjadi tanggung jawab dunia akhirat sang ibu. Semua yg dilakukan di dunia pasti ada pertanggung jawaban nya. Menikah adalah serah terima pertanggung jawaban dr org tua.

    BalasHapus
  16. Bolehkah nama saya tertera di batu nisan anak laki saya?seperti ini M. Arya nugraha binti siti maryam lubis, suami kedua saya tidak mengizinkan nama suami saya yang pertama dibuat di batu nisannya karena anak saya dimakamkan di tanah wakap keluarga suami saya yang kedua.. Mohon jawaban yang jelas n halal menurut aturan islam.

    BalasHapus
  17. Apakah setiap mendoakan seseorang wajib menggunakan tambahan bin / binti?
    Klu saya ga tau nama bpknya bagaimana? Tetep harus pake bin juga...
    Pernah saya baca artikel klu tdk tau nama bapaknya cukup pake bin Muhammad, ada jg yg bilang klu ga tau nama bpknya ga usah pake bin. Cukup sebutkan namanya saja ..
    Mohon pencerahannya 😇

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Asalamualikum saya mau tanya apakah wajib kalau orang meninggal memakai bin\binti di nisan nya

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum kak mau bertanya. Karena minimnya pengetahuan saya, saya berdoa memohon kepada Allah SWT setelah solat dg menyebut nama saya beserta nama bapak saya. Tetapi saya menggunakan 'bin' bukan 'binti' padahal saya perempuan. Apakah doa saya akan salah alamat?
    Terimakasih apabila berkenan menjawab

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum kak, aku mau nnya. Kalo misalnya kita gatau nama ayah kandung kita. Lalu kita menikah wali nya siapa? Dan binti siapananti yang tertera di atas nisan nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga usah hawatir islam telah disempurnakan bila tidak tau ayah atau ayah non muslim walinya wali hakim yang sebenarnya sulton atau kepala negara tapi biasanya dah di wakil kan ke KepKUA Setempat. gitu kan neng @Azizah

      Hapus
  22. sebaiknya orang diluar pagar ga usah ikut campur ini urusan agama jelas beda

    BalasHapus
  23. Saya punya kakak perempuan,,, dan dia telah nikah sirih dg lelaki non muslim tanpa sepengetahuan keluarga, dan ayah saya telah meninggal dunia,,,
    Apakah pernikahan kaka saya sah tanpa persetujuan keluarga,,,
    Dan apakah saya berhak menghakimi pasangan (suami) dari kakak perempuan saya... Karna hukum ny seorang perempuan menikah harus membawa/di dampingi wali ( ayah, atau kakak laki", atau saudara laki", atau paman (adik dr orang tua)... Karna saya terlalu emosi dan merasa keluarga tidak di hormati, sedangkan bila ada konfirmasi keluarga pun menerima dg baik... Mohon pencerahan ny 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali ke rukun nikah. Jika tidak memenuhi rukun nikah maka tidak sah

      Hapus
    2. Temen saya punya 2 pacar jdi dia gak tau siapa ayah dri anknya ,jdi dia menikah sama pacar yg 1 nya jdi anknya pakai bin mntan pcr ap bin suaminya

      Hapus
  24. Assalamualaikum..mau nanya ibu sy udah meninggal terus klaik sy berdoa itu bin ti atau bin kalau sy berdoa

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum...mau bertanya jika diindonesia menyebut atau berdoa atas nama fulan bin fulan apakah boleh ......atau bin itu hanya untuk seseorang yang sudah meninggal....

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum maaf saya mau tanya ..keponakan saya menikah kemarin ..cuma saya sempat kesal..karna nama binti nya bukan nama bpk asli..nya...gmn? Sedangkan itu keponakan saya..sama ibu nya tau siapa bpk nya..apa itu syah atau tdk y..

    BalasHapus
  27. Maaf mau tanya, kalo misalkan ayah saya tidak tau siapa nama ayah kandungnya ,lalu bagaimana saya mendoakan nama ayah saya yang sudah meninggal? Bin apa? Atau pakai nama ayah angkatnya?

    BalasHapus
  28. Maaf saya mau nanya misalkan saya mau mendoakan pacar kita supaya kangn sama kita nah d doa itu kita d suruh memakai nama bapak dia dan kita tidak tau nama bapak nyh misalkan Nisa binti adam karna kita tidak tau nama ayah nyh jadi kita ganti dengan nama nabi adam as

    BalasHapus
  29. Mau tanya katanya gk boleh pake bin/binti dalam ijab kabul saat ayah kandung masih hidup. Apa bnr bgitu?

    BalasHapus
  30. Ohh ya kak, mau nanya,, kalo misalnya ini si anak beda keyakinan (agama) sama kedua orang tuanya, terus si anak mau nikah nih ( cewe ) pake binti (nama) ayah nya?

    BalasHapus
  31. Mau bertanya Ustadz, saya beru belajar bahasa arab. 'Bin' itu bahara arab apa Indonesia. Soalnya banyak mengatakan dengam Bin, contoh. 'Umar bin Khottob. bukankah yang benar 'umarubnul khottob. Jadi BIN itu apakah bahasa arab, soalnya kan dari bahasa a

    BalasHapus
  32. Bin itu dari bahasa arab apa Indonesia. karena setahu saya Ustadz contoh,umarubnul khottob dalam pengucapan bahasa arab, apakah dibenarkan dalam bahasa arab pengucapan BIN. ? Terimakasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  33. Bin itu dari bahasa arab apa Indonesia. karena setahu saya Ustadz contoh,umarubnul khottob dalam pengucapan bahasa arab, apakah dibenarkan dalam bahasa arab pengucapan BIN. ? Terimakasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  34. Klo bapa kita udah meninggal sebaik.a ikutin nama kakek aph nama nenek..

    Terima kasih

    BalasHapus
  35. As.. saya mau tanya jika seorang mualaf meninggal trs bolehkah yg menjadi Bin/bintinya tetep ayah kadungnya yg berbeda keyakinan...terima kasih Wassalam..

    BalasHapus
  36. Pak, Mau tanya untuk mengetahui nama BIN, dari Nama yang sudah ada Misalnya AGUS MUHAMMAD ILMA NOOR nama ayahnya AHMAD LABIB, Untuk BINnya apa ya pak..mohon penjelasan..

    BalasHapus
  37. Maaf mau tanya kalo bp kita meninggal sebagai mu'alaf sedangkan kakek china agama Konghuchu.pertanyaan saya apakah boleh nama bp,pakai bin nya kakek saya yg non muslim

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum kalau mengenai awal mula ditetapkannya memakai bin/binti itu gimana sejarahnya ya ? Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  39. Klau sebelum menikah udah hamil duluan,maka ayah tidak boleh menjadi walinya(perempuan)tp kok pakai binti nya nama ibunya,trs klau nanti anak itu meninggal pakai binti siapa untuk mendoakan,tlg jawabanya

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum saya mau bertanya seorang mualaf perempuan apabila dia meninggal siapakah binti yang di buat di nisan?

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum....Maaf mau nanya... klu ank hasil dr luar nikah ....dan bila meningal apa memakai nama bin atau binti....

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum...maaf mau tanya...saya pny temen dan anak perempuannya meninggal dunia krn sakit...temen saya itu menggunakan binti istrinya(ibu dr anakny) pd umumnya kan menggunakan bin dr ayahnya...mohon penjelasannya

    BalasHapus