2 Juni 2013

Akad Nikah

Hari itu, tanggal 25 Mei 2013.Perhelatan akbar saya dan D jatuh pada tanggal 25 Mei 2013 tepat di hari raya Waisak.

Sempet kawatir liat kondisi Ayah yang seminggu belakangan batuk parah. Bahkan, Ayah minta kakak saya menggantikan beliau untuk jadi wali nikah bagi saya. Ya, ga bisa dipungkiri sih sakitnya Ayah emang dari kesalahan (kelalaian) dia sendiri. Tapi cukup membuat saya susah tidur, hehe. 

 

Sejak hari Jumat, paman dan bibi saya udah nginep di rumah. Otomatis pagi hari dimulai dengan ngantri kamar mandi. Halo, apa kabarnya calon manten yang belum siap sama sekali ini?

 

07.00

Saya sudah sampai di lokasi akad dan resepsi pagi itu. Paman dan adik saya sudah standby dari malam, yak, nginep semaleman *peluuuk. Celingak celinguk perias utama belum datang, saya ikut ngangkut snack dari ruang rias ke ruang akad. Tapi syukur alhamdulillah photographer dan videographer udah standby.


07.30

Mulai ketar ketir perias belum nongol juga. Hidangan utama dan pondokan udah dateng. Photographer dan videographer udah mulai ganti kostum dari kaos oblong jadi batik.


08.00

Saya panik waktu D sms saya kalau rombongannya udah berangkat sejak setengah jam yang lalu sementara perias saya belum nongol. Beberapa menit kemudian perias datang dan disusul MC.


08.30

Rombongan D datang. Akad berlangsung khidmat meskipun last minutes ada masalah. Tapi, saya sendiri ga menyaksikan atau duduk di samping D. Karena emang aturan dari Ayah ga boleh dicampur sebelum muhrim.


09.30

Saya keluar ruang rias dijemput Ummi. Sungkeman belum tapi saya melihat air yang menggenang di kedua matanya. Sembab. Yang bikin saya terharu saat itu bukan saya sudah sah menjadi istri D, tapi kelembutan di balik sikap kerasnya Ummi dan kerelaan kedua orang tua saya untuk melepas saya. Padahal seumur-umur saya ga pernah dilepas keluar rumah 24 jam. Sekalipun pernah nyantri, orang tua saya menyekolahkan saya di boarding school yang efektif belajar seminggu saja di sekolah dan asrama, sedangkan weekend, saya pulang. Itupun dibesuk paling tidak seminggu 2 kali. Nginep di rumah temen juga bisa diitung 1 tangan.


Awalnya emang sempet takut jauh dari orang tua. Tapi ini kan emang kodrat saya sebagai perempuan, sebagai istri.

 

Setelah akad dan saya duduk di meja akad, kekhawatiran saya terhadap Ayah baru terjadi. Batuk Ayah kembali parah saat khutbah nikah berlangsung.

 

Saat sungkeman, saya melihat di mata Ummi air matanya sudah menggenang. Saya tau beliau ga suka terlihat cengeng di depan banyak orang. Dan kita bercanda aja dong di pelaminan waktu sungkeman *nyengir. Beda sama Mama yang jelas air matanya mengalir deras. Bikin saya serba salah :p. Ayah dan Papa sendiri justru cuma diam.


10.30

Semua rangkaian akad sampai salaman dengan pengantinpun selesai. Waktunya ganti kostum dan retouch make up. Entah karena lampu sorot yang agak panas, atau karena jumlah orang, atau memang sirkulasi udara yang ga mumpuni, kami yang di depan pelaminan kegerahan sepanjang acara.


--o0o--


Berhubung foto kemarin baru dikirim fotografer, saya posting foto dari teman-teman yang hadir aja ya :)


Tanda tangan buku nikah suami

Pamer buku nikah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar