20 Maret 2013

Calon Penghuluku :)

Masuk bulan Maret, saya ribut deh buat cepet kelarin urusan KUA. Saya pengen dapet penghulu di jam dan tanggal yang saya mau. Karena sempet denger pengalaman buruk orang yang ga dapet penghulu karena ngurusinnya mepet. Ya mungkin kasusnya si orang ini nikah di tanggal cantik. Tapi, biarpun gitu, saya tetep khawatir dan memutuskan untuk ga cetak undangan sampe KUA diurus. Simple, karena akad dan resepsi saya dan D di hari dan tempat yang sama, kawatir nulis di undangan akad jam berapa, ga taunya penghulu ga available di jam tersebut.

Buat saya dan D, KUA ini nomor satu. Urusan resepsi boleh gagal atau berantakan, tapi pengesahan kita di hadapan Allah dan negara itu wajib.

Perihal pencatatan KUA juga ga bisa di jangka waktu yang agak lama dari tanggal nikah. Maksimal 3 bulan. Karena beberapa dokumen expired 3 bulan. Tapi, di beberapa KUA hal ini ga terlalu dipermasalahkan, termasuk di KUA tempat saya akan menikah.

Maunya ngurus awal Maret, ternyata tidak sesuai kenyataannya. Awalnya D yang ga mau cepet-cepet karena takut dokumennya expired berhubung awal maret itu jatohnya mepet 3 bulan sebelum nikahan kita. Tapi begitu saya cerewetin, dia kelar aja lho ngurus dalam 1 hari. Sedangkan saya, banyak kendala yang bikin pending mulu ngurusin ini, yaaa,, bilang aja alibi, pret. Paling banter cuma dapet surat keterangan RT dan RW aja.

Selasa kemarin saya ijin setengah hari sama si boss buat ngurusin KUA ini. Tapi KUA berkata lain..



Untuk urutan sampe pendaftaran KUA ga perlu dibahas disini udah pada ngerti kali ya? Nah, berhubung saya dan D nikah di daerah jajahan KUA dimana saya tinggal, jadi cuma D saja yang ngurus ijin numpang nikah dari KUA tempat D tinggal.


Ada dokumen yang menurut saya aneh yang dikasih D. Surat keterangan perjaka. Waktu D SMS saya bilang harus ada surat ini dari KUAnya, saya langsung mikir macem-macem *mesum*, gimana periksanya? Eh, ga taunya cuma tanda tangan pernyataan saja.

Di beberapa KUA juga minta untuk suntik TT di puskesmas. Tapi lagi-lagi di KUA tempat saya ga seribet itu *peluk kantor KUA*. Perihal suntik TT, saya dapat info dari bu bidan dan dokter kalo suntik TT itu ga boleh dilaksanakan sebelum nikah. Atau setidaknya 6 bulan sebelum nikah. Karena suntik TT ini bisa mencegah kehamilan, bahkan untuk beberapa kasus terjadi kemandulan. Atas saran mereka, saya baru akan suntik TT setelah hamil, dan suntik TTnya yang khusus ibu hamil, lebih aman katanya.

Ada cerita yang bikin saya GeeR. Waktu urus berkas ke kelurahan dan minta tanda tangan pak Lurahnya, terjadi percakapan antara kita *apasih.

Pak Lurah: "Ini siapa yang mau nikah?"
Saya: "Saya pak."
Pak Lurah: "Masa? Mukanya masih anak-anak gitu kok."
Saya: "Hehe,, tapi saya udah 24 pak."
Pak Lurah: "Saya kira dibawah 20. Istri saya juga nikah umur 24 *jadi curhat*"

Lanjut ke KUA. Saya diketemuin sama calon penghulu saya dan D. Orangnya masih muda, usianya kisaran 30 akhir atau 40 awal. Ngobrol basa basi beberapa menit sambil si bapak nyatet-nyatet. Tiba-tiba dia bilang, "kapan-kapan saya mau ketemu mas calonnya mbak ya, mau kenal dan sedikit ngobrol-ngobrol". Keinget D lagi libur hari itu, saya langsung bikin janji sama penghulunya siang itu setelah Dzuhur ketemu D.

Kemudian, saya dioper ke bagian pendaftaran, iya, saya loncat ke penghulu dulu baru mendaftar, mehehe. Setelah catat mencatat, si bapak bagian pendaftaran ini kasih info soal penataran calon pengantin atau kursus calon pengantin (suscanten) yang diadakan keesokan harinya. Yang saya tahu soal suscanten ini semacam penataran ketika akad dan kehidupan berumah tangga nantinya plus dapat sertifikat. Dan berita buruknya, bakal ada "infaq" ga jelas gitu yang sifatnya agak memaksa. Entahlah.

Sekitar jam 1 kurang D datang, kira-kira setengah jam menunggu, penghulu datang. Ngobrol bareng saya dan D, dia juga ngasih wejangan dan buku berisi doa untuk bekal menjalani rumah tangga nanti. Begitu saya tanya soal pentingnya suscanten, si pak penghulu bilang ga usah ikut karena isi suscanten sama seperti apa yang dia omongin di depan saya dan D. Terima kasih pak penghulu ga mempersulit kita :)

Saat yang paling menegangkanpun tiba. Tanya biaya penghulu! Berita soal reputasi, tau lah ya, penghulu itu doyan maen tembak dan tebak. Apalagi sempet denger tarif yang diminta seorang penghulu di tempat tinggal saya kasih tarif:
- Minimal 500 ribu untuk nikah di rumah
- Minimal 1 juta untuk nikah di gedung
- Minimal 200 ribu untuk nikah di kantor KUA.

Tapi si pak penghulu bilangnya: "Ga usah sekarang, kerja juga belum kok, jumlahnya terserah ente aja". Alhamdulillah lagi, dapet penghulu yang baik banget. Mau kasih nasihat perkawinan dan ngebolehin ga ikut suscanten, ga request yang aneh-aneh, ngegampangin soal penjemputan, ga ngasih tarif minimal dan ga ngerampok di tempat *cium tangan pak penghulu.

Mudah-mudahan kedepannya bisa bekerja sama dengan baik ya pak *hormat.

Cp: Endang (penghulu)
      Lokasi: KUA Tebet
      No: tulis email anda di comment box nanti saya PM :)
Yang mau nikah di Tebet saya rekomen dia deh :)

Alhamdulillah urusan KUA beres. Saya udah mulai deg-degan nih sejak KUA rampung, mehehe. Mohon doanya ya pembaca :)

5 komentar:

  1. boleh dong no bpk penghulu
    sifafauziah285@gmail.com

    BalasHapus
  2. minta CP nya gan, isthab@gmail.com

    BalasHapus
  3. Halo mba azizah, boleh minta cp nya pak endang? Lanang.bona.prihatos@gmail.com

    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. boleh minta tolong di email CP pak Endang ke saya mbak : masagung.nugroho@gmail.com

    Thank's before ya

    BalasHapus
  5. Kebetulan saya menikah di balai sudirman tebet, boleh minta cp nya ke disamirza@gmail.com terima kasih banyaaaak...

    BalasHapus