11 Mei 2012

Tentang seserahan

Sudah 10 bulan lamanya menjalin hubungan dengan seorang pria dan umur juga sudah 23. Tahun ini umur bakal bertambah lagi, udah saatnya mulai memikirkan masa depan, tak lain dan tak bukan adalah menikah :D

 

Omongan soal pernikahan sih udah lama, tapi rencana menikahnya masih tahun depan. Selain karena emang udah niatnya nikah tahun depan, nunggu si pacar lulus juga tahun ini. Berharap semua dimudahkan. Niat kita baik pasti Allah juga memudahkan :)

 

Persiapannya sendiri masih sedikit sekali. Bahkan bisa dibilang masih ngitung budget :p. Tapi jauh sebelum ngitung budget, emang udah nabung dari sejak merencanakan pernikahan, dan udah punya target nabung perbulannya.

 

Jadi, dimulailah perburuan barang, survey harga, tempat, dan sebagainya yang berkaitan dengan pernikahan. Barang pertama yang dicari adalah seserahan. Seserahan yang saya minta sekitar barang pribadi dari ujung rambut sampe ujung kaki. Standar lah :D. Listnya sebagai berikut:

 

1. Kosmetik: lipstik, krim siang dan malam, bedak, parfum, body lotion, blush on, mascara, pinsil alis.

2. Toiletries: handuk, sabun, facial foam, spons mandi, shampoo, odol, sikat gigi, conditioner.

3. Pakaian: pakaian kantor, rok, pakaian pesta, pakaian tidur, jilbab.

4. Pelengkap pakaian: sepatu, sandal, tas, dompet.

5. Pakaian dalam: lingerie, bra, celana dalam.

6. Perlengkapan ibadah: mukena, sajadah, al-qur'an.

7. Alas tidur: seprai, bed cover.

8. Makanan dan buah-buahan.

9. Alat makan.

 

Semua yang dicantumin cuma referensi aja yang umum dijadiin seserahan. Banyak juga seserahan yang ngasih bahan kebaya untuk baju akad dan resepsi. Mau ada yang ditambah atau dikurangi semuanya kembali ke keinginan capeng (calon pengantin) perempuan dan atas kesepakatan capeng prianya.

 

Yang udah saya dapet lumayan banyak, ada beberapa item yang saya kurangi karena menurut saya ga perlu-perlu banget, malah bakalan mubadzir kalo dibeli juga, bakal ga saya pake. Barang-barang yang saya dapet dari beberapa bulan kemarin adalah barang yang ga bakal kadarluarsa, atau kalopun kadarluarsa, masih jangka waktu 3 sampe 5 tahun lagi. Khusus untuk kosmetik, kalo biasanya orang milih yang agak mahal lantaran mikir seserahan cuma sekali seumur hidup, saya malah lebih nyaman sama kosmetik yang biasa saya pake. Bukan apa-apa, takut ga cocok sama muka saya :D

 

Adat penyerahan seserahan juga beda-beda. Ada yang dilakukan pas lamaran, ada yang pas acara adat, ada yang pas akad. Berhubung saya ga mau ada acara adat, dan setelah diskusi sama orang tua juga akhirnya sepakat seserahan itu setelah akad nikah.

 

Hias seserahan

 

Nah, jasa hias seserahan udah banyak banget. Dari yang murah bisa ditemui di sekitar stasiun cikini, yang punya toko sendiri, sampai yang online. Saya sendiri ga terlalu penting buat dihias atau ngga, soalnya toh nanti barang-barang itu bakal dipake juga, bukan untuk pajangan, jadi menurut saya kurang perlu dari segi manfaat :D. Tapi bagi yang menyukai estetika, boleh lah dihias seserahannya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar